Masih Nganggur? Jangan Galau!

by 13.31 0 komentar
Pada postingan ini, gue mau bahas khusus masalah pengangguran, eits tapi jangan sensi dulu gan, mentang-mentang pengangguran denger kata nganggur dikit langsung naik darah. Sebelumnya kalian disini udah pada kerja kan ya? Alhamdulilah deh kalau iya, atau udah berapa lama nganggur? Sebulan, dua bulan, tiga bulan - - - - satu tahun? Atau kamu baru aja lulus sekolah (kuliah) dan masih dalam proses mencari kerja perdana (kalau gak mau disebut pengangguran). Gimana rasanya nganggur? Gue tebak:

1. Kepala pusing
2. Jantung berdebar-debar
3. Bawaannya emosi
4. Berasa makhluk paling hina dina dan gak berguna
5. Jadi bahan caci maki orang 
6. Mulai sedikit apatis dan frustasi
7. Malas, pikiran lola, jam tidur berantakan
8. Gak semangat hidup, pengin cepat-cepat dipanggil yang kuasa

Bener gak? Setidaknya satu dari hal diatas kamu rasain setiap hari selama dalam fase pengangguran? Tapi tenang, kalian si pengangguran gak sendirian kok, for your information ya, jumlah pengangguran beberapa bulan kemarin naik loh gan (Horee makin banyak temen).


Berita Pengangguran Naik
Berdasarkan tingkat pendidikan, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menganggur naik paling tinggi yakni 9,05 persen. Diikuti oleh pengangguran dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) 8,2 persen. Selanjutnya, lulusan Diploma III dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) masing-masing 7,5 persen dan 7,14 persen. Sedangkan lulusan Sarjana yang menanggur naik 5,34 persen, dan Sekolah Dasar (SD) ke bawah naik 3,61 persen. Read more...


Nah sebagai pengangguran, tentunya gue (eh kesebut) dan kamu semua punya banyak waktu luang dong pastinya? Nah sayangnya banyak pengangguran yang gak manfaatin waktu luang dengan sebaik-baiknya, padahal waktu luang yang kamu punya sebagai seorang pengangguran itu sangat berharga loh kalau dipikir-pikir. Masih inget dengan hadist ini? (Maaf no sara loh ya, karena gue muslim gue pake rujukannya ini)

“Orang yang hari ini sama dengan hari kemarin, atau orang yang hari esok sama dengan hari ini, orang itu akan merugi. Orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin orang itu sungguh celaka, tetapi apa bila hari ini lebih baik dari kemarin, atau hari esok lebih baik dari hari ini, maka orang itu akan beruntung”. (al-Hadits)

Nah loh rugi banget kan kalau gak manfaatin waktu sebaik-baiknya, yuk mulai sekarang, walaupun masih jadi pengangguran, gak ada salahnya kita ngelakuin hal-hal yang bermanfaat, dan sebagai referensinya, gue kasih tips kegiatan apa saja yang bisa kamu lakuin buat ngisi fase nganggur kamu agar lebih bermakna dan tentunya menambah kapasitas diri kamu ke arah yang lebih baik. Ayo diniatkan hari ini, buang jauh-jauh presepsi kalau pengangguran itu menjadikan seorang malas, gak berguna, hina dina dunia akherat. Check this out tips-tipsnya. Semoga menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.


Positive Thinking


Mungkin ini adalah hal pertama yang harus ditanamkan dalam pikiran kamu semua, gue tahu pengangguran itu bikin stres, penyebab stres kamu tahu apa? Terlalu banyak pikiran negatif, mulai sekarang, sugestikan pikiran kamu untuk selalu memikirkan hal-hal positif, misalnya saja dengan selalu berkata "Aku akan segera dapat kerja, atau aku akan segera dapat panggilan telpon dari perusahan BUMN ternama" (tapi inget Hp nya jangan dimatiin, jangan di silent, kalau perlu bawa tuh hp kemana-mana, takut banget ada missed call :D). Kalau setiap hari kamu pikirannya begitu, insyaallah mestakung, alias semesta mendukung. Kamu inget hukum tarik menarik dari buku The Secret? Nah itu dia, usahakan kamu selalu berfikiran positif + senyum :) (asal jangan senyum-senyum sendirian aja nanti disangka gila)

"Hukum Tarik menarik erupakan hukum Alam, hukum ini terjadi secara alami tanpa disadari oleh orang yang belum mengalaminya, hukum ini terjadi karena anda memfokuskan pada suatu pikiran atau apapun, dan lambat laun yang anda pikirkan tersebut menjadi kenyataan."


Mendekatkan diri sama Allah


Nah ini dia lanjutannya positif thinking, mungkin lamanya kamu nganggur karena Allah pengin supaya kamu lebih mendekatkan diri sama Dia, barangkali selama ini kamu sholatnya males-malaesan, sholat subuhnya lewat, sholat asar lewat, haduh yowis #nohope, tahu gak? Dosa orang meninggalkan sholat? Gede banget loh!! Gak percaya? Nih!

Ibnu Qayyim Al Jauziyah –rahimahullah- mengatakan, ”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah, hal.7)

Adz Dzahabi –rahimahullah- juga mengatakan, “Orang yang mengakhirkan shalat hingga keluar waktunya termasuk pelaku dosa besar. Dan yang meninggalkan shalat secara keseluruhan -yaitu satu shalat saja- dianggap seperti orang yang berzina dan mencuri. Karena meninggalkan shalat atau luput darinya termasuk dosa besar. Oleh karena itu, orang yang meninggalkannya sampai berkali-kali termasuk pelaku dosa besar sampai dia bertaubat. Sesungguhnya orang yang meninggalkan shalat termasuk orang yang merugi, celaka dan termasuk orang mujrim (yang berbuat dosa).” (Al Kaba’ir, hal. 26-27)

Makanya mumpung banyak waktu luang, yuk coba mulai sholat 5 waktu tepat waktu, baca kitab suci sekalian terjemahannya biar paham, banyakin sedekah dan berdoa sama Allah supaya malaikat Mikail cepet kasih kabar gembira, aamiin. Oh ya, kadang kala kita pengen ini itu, minta ini itu sama Allah, tapi sholat tahajud aja gak pernah? Hmm apa kata dunia, yuk yang biasanya suka bangun malam, biasakan sholat tahajud, insyaallah doanya akan cepat dikabulkan. Kalau bisa sering-sering baca surat Waqiah :3 Kata orang sih supaya rejekinya lancar.

Shalat Tahajjud adalah shalat sunah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu, karena arti Tahajjud adalah bangun pada malam hari. Afdhalnya shalat Tahajjud dilakukan pada sepertiga malam yang akhir yaitu kira-kita mulai jam 1.00 malam sampai menjelang masuk waktu shubuh berdasarkan hadits Nabi: "Perintah Allah turun ke langit diwaktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu shubuh." (al Hadits).



Cari Passionmu Dimana



Yup, waktu luang adalah waktu yang tepat buat kita ngeeksplor apasih yang sebenarnya kita mau lakuin dalam hidup. "Sebenernya apa sih bakat gue? Gue bisa apa sih?" Nah pertanyaan-pertanyaan kayak gitu bisa kamu cari tau pas lagi nggangur, soalnya semakin banyak waktu luang, semakin besar kesempatan kita untuk lebih mengenal diri sendiri, barangkali kamu suka nyanyi? Kembangkan. Kamu suka main alat musik? Bikin band sesama pengangguran jadi ide bagus tuh. Pokoknya gali terus hal apa yang bisa membuat kamu semangat buat hidup. (ya elah desperate banget)



Melanjutkan pendidikan? Study Abroad? Mungkin itu jalanmu!


Pernah gak berfikir (khususnya yang baru lulus) kalau pengangguran mungkin sebuah petunjuk dari Tuhan, jika selama ini fokus kita cari kerja, tapi Tuhan pengennya kita ngelanjutin pendidikan? Siapa tahu kan? Coba rubah haluan, siapa tahu pintu rejeki datang bukan dari pekerjaan melainkan pendidikan. Utamanya kalau mau ngelanjutin pendidikan, paling nggak kamu harus punya gambaran, mau ambil kuliah apa dan dimana? Kira-kira worth gak, jangan sampai setelah kamu ngelanjutin pendidikan (misalnya S1) eh ujung-ujungnya kamu pas lulus nyebar-nyebar CV gak jelas, nyari kerjaan apa aja deh yang penting kerja, keadaannya sama kayak agan baru lulus SMK misalnya. Jangan sampai kayak gitu. Oh ya bagi kamu yang pengin abroad, mulai deh kontak dosen di negara yang agan pengenin, konsultasiin segala hal sama tuh dosen terkait studi kamu nantinya. Oh ya, universitas kelas dunia biasanya punya student advisor kok! Manfaatin, kan juga bisa ngejalin relasi juga, siapa tahu kamu nanti direkomendasiin dapet beasiswa, kan Alhamdulilah.



Freelance? Why not!


Nah bagi kamu yang nganggurnya gak sampah-sampah banget alias masih punya skill misalnya menulis, photoshop, desain, terjemah atau apapun, manfaatin kelebihan kamu buat ikutan freelance. Gak ada relasi? Tenang, di internet banyak kok situs freelance yang bisa kamu manfaatin, kan lumayan nambah-nambah uang jajan ketimbang harus minta terus sama emak. Nih gue kasih bocoran situs freelance top markotop. Bayarannya biasanya pake dollar, kan lumayan, apalagi kalau 1 dollar = 20.000 misalnya. Kaya mendadak noh kamu dari hasil freelance.

3. Freelancer:
Freelancer adalah salah satu pasar terbesar untuk menemukan terbaik dan tinggi pekerjaan yang dibayar disini. Inilah pekerjaan pada sistem penawaran dan klien menyewa individu yang menampilkan portofolio terbaik dan tawaran harga terendah.

2. Elance:
Elance dapat membiarkan Anda membuat ribuan dolar mingguan atau bulanan tergantung pada kapasitas Anda.

1. oDesk:
oDesk bekerja seperti Elance dan Freelancer, tapi itu adalah masih yang terbaik karena di sini pendatang baru bahkan dipekerjakan cukup mudah yang tidak pernah mungkin di Elance.




Baca buku dan ikut kursus bahasa


Nah ini nih, orang Indonesia paling males baca buku, alesannya sibuk lah, tai. Gak ada alesan, mulai sekarang karena mumpung kamu pengangguran, kamu harus banyak baca buku, buku apa aja kek, komik, buku motivasi (Cieee galau nganggur), majalah atau koran juga boleh. Selain menambah ilmu dan wawasan, baca buku penting buat ngelatih otak kamu biar gak telmi alias oon alias dongo karena otak udah lama gak dipake mikir. Kalau mau cari referensi buku bagus bisa baca di Goodreads. Atau kamu juga bisa nambah skill kamu dengan ikutan kursus bahasa, kan lumayan tuh nanti kalau ada klowongan kerja dibutuhkan yang bisa berbahasa alien bisa langsung kamu sikat!



Sesekali Traveling / Leisure Time


Pengangguran kan gak punya duit alias kere banget gimana bisa traveling, sanah minta puk-puk dulu sama emak. Eh tong!, traveling gak mesti jauh ke Eropa, Amerika atau Raja Ampat sekalipun traveling sekeliling komplek rumah juga boleh, atau cobain camping diluar rumah. (Miris banget, gak tega gue). Sekali-kali dalam hidup kamu, cobain deh traveling kere ala backpacker, pesen tiket kereta murah ke Jogja atau Surabaya, abis itu naik gunung gelar tenda, nikmati pemandangan alam yang ada, beh dijamin sensasinya beda, kalau yang biasa traveling rame-rame, cobain deh kali ini traveling sendirian, gak pake rencana, tapi duit tetep direncanai. Kamu coba deh get lost di tempat wisata yang kamu kunjungi, pasti memorable banget! Eh, sekalian traveling, gak ada salahnya kamu ambil banyak foto, bikin catatan perjalanan, siapa tahu jadi buku. Coba kamu luangkan waktu sebulan full buat traveling, jauh dari rumah, asik banget pasti. Daripada dirumah terus jadi bahaan caci maki emak 😭


Jadi Volunteer


Bagaimana kalau kamu manfaatin sesi nganggur kamu dengan menjadi volunteer, selain mengisi luang, kegiatan ini juga bisa menambah rasa kemanusiaan kamu loh. Gue jamin, perasaan kamu sebagai manusia paling gak berguna sejagat raya bakal hilang kalau kamu ikut volunteer. Cobain deh ikutan jadi volunteer di UNICEF, UNESCO dsb. Untuk yang skala nasional, kamu bisa coba ikutan Indonesia Mengajar, program mengajar di daerah terpencil selama setahun, dijamin kamu yang tadinya mikir hidup susah, ternyata ada yang jauh lebih susah diluar sana. Ikut program-program seperti itu selain menambah relasi, kamu bisa manfaatin tuh volunteer buat ngisi CV kamu biar gak kosong-kosong amat. Ingat loh, hidup yang paling baik adalah yang bermanfaat bagi orang lain.


Hidup Sehat


Boleh nih selagi nganggur, kita terapin pola hidup sehat, tidur yang cukup, makan asupan yang bergizi dan olahraga. Itung-itung memperbaiki penampilan diri biar gak dekit-dekil amat, mentang-mentang pengangguran, penampilan kayak gembel, ya udah nganggur aja terus seumur hidup. Kamu bisa coba bangun pagi, terus olahraga pagi, misal yang gampang dan murah (lagi-lagi pengangguran itu kere, gue tau itu kok) kamu bisa jogging, keliling lapangan. Kalo ngerasa malu ketemu orang-orang gara-gara pengangguran, ya udah kamu jogging ditempat aja didalem rumah, yang penting sehat kan?


Bestfriend


Bagi kamu yang punya temen sama-sama nganggur, boleh tuh di jadiin CS buat maen game bareng misalnya atau buat temen ngaji bareng di pengajian, atau ya bolehlah galau-galauan bareng. Yang jelas manfaatin waktu luang kamu buat jalin silaturahmi sama keluarga, sahabat atau mantan misalnya, siapa tahu lagi sama-sama nganggur, kan barang kali nanti bisa ngerintis usaha bareng-bareng dan sukses pun bareng-bareng. Aamiin.


Jadi Babu Keluarga


Bapak Ibu kerja, kamu nganggur? Gak malu? Ya dari pada malu banget, mending kamu bantu-bantu orang tua deh, misalnya beresin pekerjaan rumah, jadi supir buat bapak, cuci mobil, nganterin adek-adek ke sekolah, atau angon kambing. Ya dari pada dibilang pengangguran kan lebih enak kalau dikira anak soleh, yang berbakti sama orang tua, siapa tahu juga ntar dikasih uang jajan lebih sama emak, lumayan dapat duit dan dapat pahala juga dari Allah. Kapan lagi coba bisa jadi babu yang baik buat keluarga? Kesempatan langka!


Magang


Masih ingat dengan dua orang pengangguran di film The Internship? Yap, sepertinya magang juga bisa jadi alternatif ngisi waktu yang pas saat nganggur, Gak perlu jauh-jauh magang ke kantor pusat Google di California, manfaatin kenalan kamu yang punya usaha, siapa tahu mereka mau ditebengin, tawarin jasamu secara cuma-cuma, ya syukur-syukur dibayar sih, biar ada pemasukan, paling gak ongkos transport deh, kalaupun enggak, ya anggap aja sebagai balas budi karena kita bisa secara gratis belajar dari tempat magang itu, tapi percaya deh, magang ini bisa ningkatin nilai jual pas mau apply kerja nantinya.


Mencoba Wirausaha? Kenapa enggak!


Terakhir, kalau kamu punya sedikit modal (sedikit aja kok, gue tau pengangguran kere), kamu bisa coba berwirausaha, misalanya jualan cilok goreng, cireng, apapun yang modalnya dikit, atau kalau kamu gengsi, kamu bisa coba bisnis online, jualan baju atau sepatu, kan lumayan (tapi jangan jualan bayi apalagi cabe cabean) Insyaallah usaha yang dibarengi dengan niat baik bakalan sukses nantinya, siapa tahu dimasa depan kamu jadi juragan cilok beromset Rp.1.000.000.000.000/hari? Kan gak tau. Hal terberat dalam usaha adalah ketika memulainya, selanjutnya insyaallah mengalir deh kalau udah rejeki kamu.



Nah itu dia tips-tips buat ngisi waktu luang "PENGANGGURAN" kamu, semoga dengan adanya postingan ini, kamu gak lagi galau atau males-malesan ya, dan waktu luang kamu bisa jadi sesuatu yang bermanfaat dan produktif, tidak sebatas goler-goleran dikasur, makan, tidur, bangun mandi, gitu terus, babi juga bisa kalo gitu.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Q. S. [13] : 11

Jadi tetap berusaha terus ya, yang mau fokus apply kerja apply lah sebanyak-banyaknya, jangan dikit-dikit ngeluh, ah gak dapat kerja. Hello! Sebelum ngeluh, coba renungin apa berapa waktu yang kamu pake buat cari kerja? 10 jam/per hari? Belum kan? Ya elah cupu!!! Cuma cari kerja 30 menit perhari aja ngeluhnya tiap hari -__-. Tetep berusaha terus, barangkali kamu udah usaha 1 tahun tapi gak ada hasil, siapa tahu di bulan ke 13 rejeki kamu turun, ingat loh: Ada hadits riwayat muslim,

“Sesungguhnya Tuhanku berkata padaku: Wahai Muhammad! Sesungguhnya Aku kalau sudah menentukan sesuatu maka tiada seorang pun yang sanggup menolaknya”. (H. R. Muslim).

Jadi nggak usah galau kalau misalkan kamu lama nganggur sedangkan orang lain gampang banget dapet kerja, pegang kata-kata gue, tiap orang tuh rejekinya udah dijamin sama Allah, tinggal bagaimana kita memantaskan diri aja, ibarat kata, masa iya Allah mau kasih kita air bersih sedangkan gelas yang kita punya masih kotor. Yuk, momen-momen pengangguran ini jadi ajang buat kita koreksi diri, lebih mendekatkan diri sama Allah. Gue jamin amu gak bakal terbebani lagi dengan pikiran-pikiran negatif, atau khawatir mati kelaparan gara-gara nganggur gak punya duit.

"dan tidak satu pun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya” (Surah Hud, ayat 6).



Edited from KASKUS

Unknown

Editor

Every repost is always a repost of a repost.

0 komentar:

Posting Komentar